Blog saya

Blog ini merupakan salah satu bagian dari cerita kehidupan saya. Mulai dari kuliah, sampai kehidupan sehari-hari. Jadi, mohon maaf jika kurang bagus. Karena manusia diciptakan memang tidaklah sempurna sehingga mereka bisa terus berusaha belajar untuk menjadi lebih baik.

Sebenarnya masih banyak tugas - tugas yang bekum saya masukkan kesini. Mungkin lain waktu akan saya tambahkan lebih banyak portfolio saya. karena hari ini saya sudah sangat lelah akan aktivitas yang saya kerjakan.

Oiy, kalau mau mengomentari smua post saya, masuk ke text komentar aja yang terletak di bagian akhir post. Terima kasih ^_^

Hidup ini seperti air, terus mengalir

Minggu, Januari 18, 2009

PSIKOLOGI WARNA

Warna merah memiliki berbagai arti. Dalam permainan sepakbola, kartu merah berarti seorang pemain harus meninggalkan lapangan. Merah dapat juga berarti berhenti, contoh pada lampu merah. Warna merah juga sering digunakan untuk melambangkan kemarahan, rasa malu, darah, kekerasan, perang, nafsu, komunisme, api, dan bisa juga digunakan sebagai tanda bahaya besar. Ada 150 negara menggunakan warna merah dalam bendera kebangsaannya, termasuk Indonesia. Warna merah dalam bendera Indonesia melambangkan keberanian. Di Cina warna merah berarti perayaan, keberuntungan, dan kemakmuran. Dan tim-tim berwarna merah musim lalu kesulitan merebut gelar, seperti AC Milan dan Arsenal, dan juga timnas Indonesia hehe.. Tampaknya hanya Spanyol yang sukses dengan warna merah, dengan merebut trofi Euro 2008. Eh MU juga juara Champions dengan warna merah..

Warna biru sering diasosiasikan sebagai warna langit atau warna lautan. Biru bisa melambangkan persatuan, ketenangan, percaya diri, kebijaksanaaan, idealisme, loyalitas, cahaya, planet Bumi, udara, teknologi, konservatisme, kedamaian, kebenaran dan keramahtamahan. Di Iran biru berarti berkabung. Tim-tim besar dengan tradisi juara banyak yang menggunakan warna biru seperti Persib Bandung, Inter Milan, dan Chelsea. Banyak yang berpendapat biru adalah warna terbaik dengan berbagai sifat positif.

Kuning adalah warna yang melambangkan sinar matahari, keceriaan, kegembiraan,optimisme, kekayaan (emas), harapan, liberalisme, ketidakjujuran, ramah, keserakahan, kelemahan, dan lain-lain. Di Mesir kuning berarti berkabung, di Jepang berarti keberanian. Pada zaman pertengahan (Middle Age) warna kuning digunakan untuk menyimbolkan setan dan kematian.

Warna pink sering sering sekali dihubungkan dengan cinta, kekaguman, ungkapan terima kasih, dan simpati. Warna pink juga dapat menyimbolkan kewanitaan, kesehatan dan pernikahan. Segitiga berwarna pink menyimbolkan homoseksualitas dan biseksualitas. Pita berwarna pink biasa digunakan untuk menyemangati penderita kanker payudara. Palermo , salah satu tim kuda hitam Serie-A menggunakan kostum warna pink.

Warna hijau adalah warna daun dan rumput lapangan sepakbola. Warna ini sering diasosiasikan dengan pertumbuhan, kelahiran, hal-hal alamiah, kesehatan, keseimbangan, dan stabilitas. Masih hijau berarti belum berpengalaman. Di Amerika hijau berarti uang, di Cina berarti aib atau malu, sedangkan di Afrika Utara menyimbolkan korupsi. Pada zaman pertengahan (Middle Age) hijau menyimbolkan setan. Di Inggris, Irlandia, dan Amerika warna ini dianggap sebagai warna pembawa sial.

Coklat melambangkan ketenangan, kedalaman, kekayaan, stabilitas, tradisi, kemiskinan, kekasaran. Bisa juga untuk melambangkan organisme natural atau hal-hal alamiah. Warna ini juga dapat melambangkan Nazi. Di samping itu warna coklat dapat mendorong orang untuk memiliki keinginan, kesehatan, kesetiaan, kesederhanaan,keramahtamahan, dan sifat bertanggungjawab.

Putih melambangkan salju, perdamaian, kebersihan, kesucian, tak bersalah, steril, dan kesederhanaan. Bendera putih digunakan sebagai tanda menyerah. Di India dan Cina putih berarti berkabung.

Abu-abu bisa berarti kemewahan, kerendahan hati, penghormatan, keseimbangan, kebijaksanaan, netralitas, formalitas, kehalusan, kerusakan dan emosi yang kuat. Sering pula diasosiakan dengan debu, asap, dan polusi. Warna ini juga bisa berarti berkabung.

Warna jingga (oranye) melambangkan Hinduisme, Buddhisme, energi, keelokan, arogan, keseimbangan, emosi tinggi, suka bermain, dan antusiasme. Jika berada di Bandung hati-hati jika menggunakan baju jingga, terutama saat Persib bermain karena jingga adalah kostum Persija, musuh terbesar Persib. Tampaknya warna ini sangat sesuai dengan watak The Jak yakni arogan, emosi tinggi, dan anhtusiasme. Hehe..

Warna hitam sering dihubung-hubungkan dengan misteri, setan, ketakutan, dan kematian. Ilmu hitam adalah ilmu dengan bantuan jin. Warna yang biasa digunakan sebagai warna tinta ini juga dapat berarti modernitas, kekuatan, duniawi, kesedihan, kemarahan, formalitas, duka cita, dan kemewahan.





3 komentar:

Akhmad Septiadi mengatakan...

Ayo silahkan dikomentari

Esna mengatakan...

warna pinknya susah dibaca :(

Akhmad Septiadi mengatakan...

hehehe. di blok aja dulu mbak bacanya. ^_^